DPR Batalkan Semua Kunker ke LN

Berlaku hingga Akhir Tahun

DPR Batalkan Semua Kunker ke LN
DPR Batalkan Semua Kunker ke LN
JAKARTA - Sampai akhir 2010, DPR mengerem semua rencana kunjungan kerjanya ke luar negeri. Sejumlah alat kelengkapan sebenarnya telah mendapat izin dari pimpinan DPR untuk berangkat, baik terkait dengan studi banding maupun perumusan rancangan undang-undang (RUU). Tapi, mereka memutuskan untuk membatalkannya.

"Nggak ada lagi kunjungan kerja ke luar negeri di sisa 2010 ini," kata Wakil Ketua Komisi XI Achsanul Qosasi di Jakarta kemarin (15/11). Menurut dia, hampir semua fraksi telah melarang anggotanya untuk melakukan kunker ke luar negeri. "Ini merupakan bentuk rasa prihatin dengan serentetan bencana yang melanda kita," imbuh kader Partai Demokrat itu.

Komisi XI sebenarnya memiliki agenda kunker ke Swiss dan Jepang terkait dengan perumusan RUU Transfer Dana. Sementara itu, dalam pembahasan RUU Akuntan Publik, komisi XI telah memutuskan untuk bertandang ke Amerika Serikat. Semuanya direncanakan pada 2010. Tapi, sampai persetujuan pimpinan dewan diberikan, belum ada tanggal pasti keberangkatan.

Sampai akhirnya, internal komisi XI memutuskan untuk menunda dua rencana kunker tersebut. Menurut Achsanul, begitu kondisi sudah normal, komisi XI melanjutkan rencana kunker itu. Mungkin sekitar awal 2011. "Bagaimanapun, kunker ini penting sekali," tegasnya.

JAKARTA - Sampai akhir 2010, DPR mengerem semua rencana kunjungan kerjanya ke luar negeri. Sejumlah alat kelengkapan sebenarnya telah mendapat izin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News