DPR Curigai Pemerintah Lebih Bela Asing

Pembelian Saham Divestasi Newmont

DPR Curigai Pemerintah Lebih Bela Asing
DPR Curigai Pemerintah Lebih Bela Asing
JAKARTA- Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Effendi MS Simbolon mempertanyakan niat pemerintah membeli 7 persen sisa saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Jika langkah itu terjadi, maka upaya menguasai saham mayoritas bagi pemerintah akan gagal.

Effendi Simbolon menduga rencana pembelian oleh pemerintah sebagai upaya memecah-belah mayoritas saham. Melalui strategi ini maka kepentingan asinglah yang dibela. “Saya pertanyakan niat Pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan Agus Martowardoyo. Apa kepentingannya mengambil tujuh persen saham NNT,” tegas Effendi MS Simbolon kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (3/5).

Menurut dia, pihaknya sejak 10 tahun lalu megikuti dan mengawal terus proses divestasi saham NNT ini. Dan divestasi yang disepakati itu merupakan hasil kerja keras menuntut ke arbitrase internasional.

“Setelah tuntutan berhasil, malah mau dipecah-pecah. Niat itu (memecah-pecah) untuk apa? Kalo mau, ambil semua 31 persen dan 20 persen milik Jusuf Meruk. Jadi kita bisa mayoritas menguasai dan mengendalikan NNT," saran politisi senior PDI Perjuangan itu.

JAKARTA- Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Effendi MS Simbolon mempertanyakan niat pemerintah membeli 7 persen sisa saham divestasi PT Newmont Nusa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News