DPR Minta Arab Saudi Umumkan Jumlah Korban Tragedi Mina

DPR Minta Arab Saudi Umumkan Jumlah Korban Tragedi Mina
dpr ri / jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Tim Pengawas Haji DPR RI mendesak pemerintah Arab Saudi segera merilis jumlah korban tragedi Mina. Karena, hingga saat ini jumlah korban yang diumumkan masih simpang siur. Otoritas setempat njuga belum menyampaikan asal negara korban.

"Sekarang ini, yang disampaikan hanyalah total jumlah korban. Sementara, negara-negara korban belum pernah diumumkan. Jenis kelamin para korban saja pun tidak disampaikan," ujar Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, Jumat (25/9).

Pemberitahuan data-data korban, sambung Saleh sangat penting. Terutama untuk menenangkan keluarga para jamaah haji yang ada di negara masing-masing. Menurutnya, setelah delapan jam pascakejadian, seharusnya informasi tentang asal negara korban sudah bisa diketahui.

"Kalau nama dan negara-negara korban tidak diumumkan, ada kesan seolah-olah ada yang ditutup-tutupi. Sebagai penanggung jawab haji, pemerintah Saudi tentu memiliki tanggung jawab besar dalam menangani masalah ini," tegas politikus PAN itu.

Saleh menambahkan, ketika tim pengawas haji DPR RI mengadakan kunjungan langsung ke tempat pelontaran jumrah Jumat dini hari tadi, hampir semua jemaah berbagai negara menyatakan belum mengetahui jumlah korban.

"Itu berarti, masing-masing negara memperoleh informasi dari tim dan misi haji mereka. Info yang diperoleh negara-negara yang jadi korban adalah atas usaha mereka sendiri, bukan atas informasi resmi pemerintah Saudi ke misi haji negara-negara asal korban," pungkasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Tim Pengawas Haji DPR RI mendesak pemerintah Arab Saudi segera merilis jumlah korban tragedi Mina. Karena, hingga saat ini jumlah korban


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News