DPR Nilai Moratorium TKI ke Malaysia Sia-sia

DPR Nilai Moratorium TKI ke Malaysia Sia-sia
DPR Nilai Moratorium TKI ke Malaysia Sia-sia
JAKARTA - Komisi IX DPR RI menilai moratorium (penghentian sementara) yang diberlakukan terhadap Malaysia sia-sia. Pasalnya, meski sudah dihentikan selama dua tahun, namun pengiriman TKI ke Malaysia tetap terus berlangsung.

"Coba Anda ke Bandara Soekarno Hatta, pasti ketemu TKI yang akan ke Malaysia. Kan aneh, ada moratorium tapi pengiriman TKI jalan terus," kata Ruddy Chan, Kamis di Jakarta (7/4).

Kondisi ini terjadi karena antara instansi terkait tidak ada koordinasi dan tak sejalan dengan kebijakan Menakertrans Muhaimin Iskandar. "Terus terang saja, saya prihatin dengan masalah ini. Kok pimpinan Kementerian/Lembaga lainnya tidak mendukung program Kemenakertrans. Harusnya ketika Menakertrans mengeluarkan moratorium, lainnya harus mendukung agar memberi pelajaran bagi negara yang tidak memperlakukan TKI kita dengan baik," tuturnya.

Dia menambahkan, bila Keimigrasian memperketat penerbitan paspor ke Malaysia, maka tidak ada celah bagi TKI ilegal untuk ke negeri Jiran tersebut. "Moratorium terhadap Malaysia harusnya didukung Keimigrasian dengan cara menjaga pintu-pintu keluar bagi TKI ilegal," cetusnya.

JAKARTA - Komisi IX DPR RI menilai moratorium (penghentian sementara) yang diberlakukan terhadap Malaysia sia-sia. Pasalnya, meski sudah dihentikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News