DPR Prihatin, Banyak Janda Eks Karyawan BUMN Jual Diri

DPR Prihatin, Banyak Janda Eks Karyawan BUMN Jual Diri
DPR Prihatin, Banyak Janda Eks Karyawan BUMN Jual Diri
JAKARTA--Komisi IX DPR RI mendesak pemerintah untuk secepatnya menyelesaikan masalah pesangon dan dana pensiun karyawan BUMN yang kena PHK.Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) pun diminta melakukan koordinasi dengan instansi terkait, yakni menkeu dan menteri BUMN, agar dananya ditalangi di dalam APBN.

"Sudah terlalu lama karyawan eks BUMN kita seperti PT Dirgantara Indonesia mendapat perlakuan tidak adil. Mereka sudah lama di PHK, tapi tidak mendapatkan dana pesangon sepeserpun," kritik Rudy Chen, anggota Komisi IX DPR RI dalam raker dengan Menakertrans Muhaimin Iskandar, Senin (26/9).

Kondisi yang sama juga terjadi di PT Semen Kupang. Ribuan karyawan harus kehilangan mata pencaharian karena pemerintah menutup perusahaan tersebut. Ironisnya, dana pesangon maupun pensiun yang harusnya diberikan pada eks karyawan Semen Kupang tidak juga diberikan.

"Yang menyedihkan, banyak janda eks karyawan Semen Kupang terpaksa menjual diri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya," ujarnya.

JAKARTA--Komisi IX DPR RI mendesak pemerintah untuk secepatnya menyelesaikan masalah pesangon dan dana pensiun karyawan BUMN yang kena PHK.Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News