DPR Puji Kinerja dan Terobosan Kementan di Awal 2019

DPR Puji Kinerja dan Terobosan Kementan di Awal 2019
Menteri Amran Sulaiman melepas ekspor sayuran daun dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat ke Singapura dan Brunei Darussalam. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BANDUNG - Anggota Komisi IV DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal mengaparesiasi kinerja ekspor pangan yang dicapai selama Pemerintahan Jokowi-JK khususnya komoditas sayuran.

Pasalnya, di awal 2019, Kementan kembali melepas ekspor sayuran ke Singapura dan Brunaidarussalam, padahal sebelumnya sayuran diimpor dari Australia dan Amerika.

"Ini merupakan bukti dari dampak inovasi pertanian yang dilakukan Kementan seperti teknologi benih dan terutama alat mesin pertanian. Secara umum, capaian ekspor pertanian naik 29 persen dan penurunan inflasi pangan 1,26 persen di tahun 2017 merupakan wujud nyata penggunaan APBN sektor pertanian," kata Cucun saat hadir dalam acara Pelepasan ekspor komoditas hortikultura yang dilakukan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Lembang, Bandung Barat, Kamis (3/1).

Menurutnya, ekspor yang meningkat ini sudah menopang devisa yang masuk ke Indonesia.

Dampaknya, Indonesia tidak lagi terus-terusan impor pangan lagi, tetapi justru mengekspor guna memenuhi pangan negara lain.

"kinerja ekspor pangan saat ini sesui dengan harapan. Ke depan, mudah-mudah Indonesia menjadi lumbung pangan Asia bahkan dunia bisa terwujud," ucapnya.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menjelaskan upaya yang dilakukan Kementan untuk menggenjot peningkatan volume ekspor yakni melalui bantuan benih berproduksi tinggi, pupuk, alat mesin pertanian, pendampingan dan menciptakan petani milenial yang mampu menciptakan terobosan inovasi teknologi baru.

Bahkan menyediakan karpet merah bagi pelaku usaha, sehingga pengurusan izin ekspor dilakukan lebih cepat dan turut membukakan pasar baru bagi eksportir.

Kementan kembali melepas ekspor sayuran ke Singapura dan Brunaidarussalam padahal sebelumnya sayuran diimpor dari Australia dan Amerika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News