DPR Sekarang Tak akan Lebih dari Sebelumnya

DPR Sekarang Tak akan Lebih dari Sebelumnya
DPR Sekarang Tak akan Lebih dari Sebelumnya
JAKARTA- Direktur Program The Indonesian Institute, Cecep Effendi menilai bahwa kinerja DPR periode 2009-2014 tidak akan jauh beda dengan DPR 2004-2009 dalam menyelesaikan tugas-tugas legislasinya. "Hingga kini belum ada alasan yag cukup meyakinkan bahwa DPR periode 2009-2014 akan lebih baik dari periode sebelumnya dalam menyelesaikan tugas-tugas legislasi yang hanya sekitar 38,6 persen," kata Cecep Effendi, di press room DPR, Senayan Jakarta, Jumat (12/3).

Bahkan secara objektif, lanjutnya Cecep, justru ada beberapa titik lemah dari keseluruhan anggota DPR sekarang. "Pertama lebih dari 70 persen adalah wajah baru dan belum punya pengalaman memproses Rancangan Undang-Undang (RUU) hingga jadi Undang-Undang (UU). Kedua DPR belum punya gran disain dalam membuat Undang-Undang dan ketiga tidak tersedianya staf ahli yang benar-benar bisa dihandalkan," kata Cecep.

Dengan tiga alasan tersebut, sudah cukup alasan bagi masyarakat untuk tidak mempercayai kinerja Anggota DPR sekarang akan lebih baik dari yang sebelumnya, tegas Cecep Effendi, yang juga mantan Rektor Universitas Islam 45 Bekasi itu.

"Saya pribadi dari awal sudah menyatakan bahwa target Badan Legislatif DPR yang mematok mampu menyelesaikan sedikitnya 70 persen RUU menjadu UU sebagai sesuatu yang berlebihan dan sangat ambisius," tegasnya.

JAKARTA- Direktur Program The Indonesian Institute, Cecep Effendi menilai bahwa kinerja DPR periode 2009-2014 tidak akan jauh beda dengan DPR 2004-2009

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News