Dua Bayi di Kota Batam Ini Alami Gizi Buruk, Memprihatinkan Sekali...

Dua Bayi di Kota Batam Ini Alami Gizi Buruk, Memprihatinkan Sekali...
Salah satu bayi yang mengalami gizi buruk di kota Batam, Kepri. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam menemukan dua kasus bayi yang mengalami gizi buruk atau malnutrisi tahun ini. Dua bayi tersebut, yakni Wiska yang berusia 1,9 tahun, dan Mohammad Amir Maulana yang kini masih berusia enam bulan.

Kemarin (11/8), Batam Pos (Jawa Pos Group) melihat langsung kondisi Maulana di rumahnya di Perumahan Fortuna Raya Blok JJ Nomor 26, Seilekop.

Anak keempat pasangan Rupiah, 38, dan Sutrisno, itu sangat memprihatinkan. Pasalnya, bayi laki-laki tersebut mengalami gizi buruk sejak umur empat bulan.

Di umurnya yang masih enam bulan, bobot Maulana hanya 3,2 kilogram dengan panjang 56 centimeter. Rupiah mengaku bobot badan anaknya tak pernah naik sejak berumur empat bulan.

Kemarin, Maulana terlihat hanya bisa tergolek lemah di atas karpet yang beralaskan sarung kecil. Kondisi tubuhnya sangat kurus, kaki dan tangannya mengecil tinggal membungkus tulang.

Maulana tak banyak bergerak, hanya sesekali mengeluarkan suara kecil, saat ibunya mengajak bicara.

"Kasian. Berat badannya tak pernah naik," sebut Rupiah.

Dia mengatakan saat melahirkan, bobot badan Maulana normal yakni 2,8 kilogram. Rupiah juga mengaku saat mengandung tidak menemukan tanda-tanda lain yang menyebabkan anaknya kekurangan gizi. "Tak ada penyakit apapun. Malahan saya cek ke dokter," katanya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam menemukan dua kasus bayi yang mengalami gizi buruk atau malnutrisi tahun ini. Dua bayi tersebut, yakni Wiska

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News