Dua IAIN Siap Jadi UIN

Dua IAIN Siap Jadi UIN
Dua IAIN Siap Jadi UIN
JAKARTA - Setelah sempat terhenti, Kementerian Agama (Kemenag) kembali merubah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). IAIN Sunan Ampel Surabaya dan IAIN Walisongo Semarang sudah diajukan Kemenag ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk disetujui menjadi UIN.

 

Direktur Jendral Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag Nur Syam menjelaskan skenario perubahan dua  IAIN menjadi UIN itu sudah sangat matang. "Buktinya kami sudah melayangkan usulan ke Kemendikbud, supaya bisa disetujui," katanya kemarin (3/2).

 

Mantan rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya itu menjelaskan, perubahan IAIN menjadi UIN ini meneruskan program UIN-isasi beberapa kampus IAIN sebelumnya. Sebut saya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Nur Syam menjelaskan, konsekuensi perubahan IAIN menjadi UIN ini diantaranya adalah menyediakan enam program studi eksak.

Persoalan lain yang menyertai perubahan IAIN menjadi UIN adalah, penyiapan dosen-dosen untuk prodi-prodi baru tadi. Terlebih untuk prodi-prodi eksak yang sebelumnya sama sekali tidak ada di IAIN.

JAKARTA - Setelah sempat terhenti, Kementerian Agama (Kemenag) kembali merubah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News