Dua Korea Memanas karena Laporan Pertahanan

Dua Korea Memanas karena Laporan Pertahanan
Dua Korea Memanas karena Laporan Pertahanan
SEOUL - Di tengah ancaman program nuklir dan rudal Korea Utara (Korut), Korea Selatan (Korsel) bakal meluncurkan laporan pertahanannya. Dalam laporan dua tahunan itu, Seoul akan mencantumkan Pyongyang sebagai ancaman serius. Diperkirakan, atmosfer di Semenanjung Korea bakal kian panas karena laporan itu.

''Bagi Korsel, Korut merupakan ancaman yang paling nyata dan serius,'' ujar seorang pejabat Departemen Pertahanan Korsel yang enggan identitasnya dipublikasikan kemarin (17/2), sebagaimana dikutip Associated Press.

Pada 2004, lanjut pejabat itu, Seoul melabeli Korut ''musuh utama''. Pyongyang langsung murka gara-gara itu. Demi mempertahankan hubungan baik, Korsel menghapuskan kata tersebut dalam laporan pertahanan mereka dua tahun berikutnya. Sebagai gantinya, Seoul menggunakan istilah ''ancaman militer langsung'' untuk mendeskripsikan Korut.

Dalam laporan kali ini, Departemen Pertahanan Korsel cenderung memilih istilah ''ancaman yang paling nyata dan serius''. Menurut pejabat anonim tersebut, laporan pertahanan tersebut akan dirilis Seoul Jumat (20/2). (hep/ttg)

SEOUL - Di tengah ancaman program nuklir dan rudal Korea Utara (Korut), Korea Selatan (Korsel) bakal meluncurkan laporan pertahanannya. Dalam laporan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News