Israel Perangi Proyek Nuklir Iran

Israel Perangi Proyek Nuklir Iran
Israel Perangi Proyek Nuklir Iran
TEL AVIV - Tak hanya menyerang Palestina, diam-diam Israel juga melancarkan perang terselubung melawan Iran. Perlawanan tertutup itu sebagai alternatif melawan program nuklir Teheran. Bahkan, menurut sumber intelijen, satu hal yang paling dramatis dari rencana tersebut ialah membunuh para petinggi Iran yang terlibat penggunaan tenaga atom. ''Operasi intelijen Israel akan menciduk tokoh-tokoh penting yang terlibat dalam program nuklir Iran sekaligus menyabotasenya,'' ujar sumber.

Pengamat senior dari Stratfor, Reva Bhalla, menilai bahwa kebijakan perang tertutup dilancarkan Israel seiring kekhawatirannya atas sikap sekutunya, Amerika Serikat, di bawah Presiden Barack Obama yang kini membuka pintu untuk Iran. Berbeda dengan pendahulunya, George W. Bush, Obama lebih mengedepankan dialog untuk meredam atau menghentikan program nuklir Iran.

''Tujuannya adalah untuk menunda, menunda, dan menunda, sampai ditemukan solusi lainnya. Kami tidak ingin pemerintah Iran mengembangkan senjata pembunuh masal tersebut. Ini kebijakan bagus, mengurangi risiko penolakan dari dunia internasional,'' ujar seorang mantan pejabat CIA di Iran seperti dilansir The Daily Telegraph kemarin.

Bukan kali ini saja Israel menunjukkan kebenciannya kepada proyek atom Negeri Paramullah. Dua tahun silam, badan intelijen Israel, Mossad, dikabarkan berada di balik kematian Ardeshire Hassanpour, ilmuwan ternama yang berkerja untuk pengembangan uranium Isfahan. Hassanpour tewas secara misterius akibat keracunan gas. (cak/ami)
Berita Selanjutnya:
Begadang demi Bahas Anggaran

TEL AVIV - Tak hanya menyerang Palestina, diam-diam Israel juga melancarkan perang terselubung melawan Iran. Perlawanan tertutup itu sebagai alternatif


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News