Dua Kota di Malaysia Darurat Asap

Dua Kota di Malaysia Darurat Asap
Dua Kota di Malaysia Darurat Asap
KUALA LUMPUR - Asap hasil pembakaran lahan di Riau tidak hanya "menyerang" Singapura. Tiupan angin membuat asap terbang semakin jauh dan menjangkau wilayah Malaysia. Minggu (23/6) pemerintah negeri jiran itu mengumumkan dua kota di wilayah Johor yang dalam kondisi darurat karena asap, yakni Muar dan Ledang.

Seperti dirilis BBC, indeks pencemaran udara di dua kota tersebut menembus angka 700. Hal itu jauh di atas ambang batas. Kondisi udara dinyatakan baik saat berada pada level 0-50. Kondisi pada level 51-100 disebut sedang, 101-200 tidak sehat, 201-300 sangat tidak sehat, dan 300 ke atas dinyatakan berbahaya.

 

Pemerintah setempat mengambil langkah sigap. Sekolah-sekolah di Muar dan Ledang ditutup. Pihak berwenang membagikan masker kepada warga. Serangan asap itu disebut sebagai yang paling parah dalam delapan tahun terakhir. Inilah kali pertama pemerintah Malaysia mengumumkan kondisi darurat.

 

"Status darurat ini tidak sampai pada pemberlakuan jam malam. Juga tidak ada perubahan pelayanan di tingkat negara bagian maupun pemerintah federal," kata Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Seri Najib Tun Rajak seperti dilansir kantor berita Bernama.

 

KUALA LUMPUR - Asap hasil pembakaran lahan di Riau tidak hanya "menyerang" Singapura. Tiupan angin membuat asap terbang semakin jauh dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News