Dua Ledakan Baru Bikin Kian Waswas

Dua Ledakan Baru Bikin Kian Waswas
Foto : AP/Wally Santana
TOKYO - Krisis nuklir di Jepang pasca-gempa 8,9 skala Richter (SR) dan tsunami pada Jumat lalu (11/3) belum reda. Kebakaran dan ledakan kembali terjadi pada dua reaktor nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi, sekitar 250 km timur laut Tokyo, kemarin (15/3).

Dua ledakan kemarin terjadi pada reaktor nomor dua dan nomor empat. Api dan asap tebal pun terlihat dari reaktor tersebut. Asap berwarna putih kehitaman membubung di udara. Tokyo Electric Power Co. (TEPCO) selaku operatornya menyatakan bahwa dua ledakan dan kebakaran pada reaktor itu akhirnya bisa dipadamkan dengan bantuan tentara AS.

Sebelumnya, ledakan terjadi pada reaktor pertama pada Sabtu lalu (12/3). Selanjutnya, reaktor ketiga meledak dan terbakar pada Senin lalu (14/3).

Menyusul dua ledakan kemarin, tingkat radiasi di sekitar PLTN Fukushima No.1 plant di pantai timur Jepang melonjak drastis. Perdana Menteri (PM) Jepang Naoto Kan dan Kepala Sekretaris Kabinet Yukio Edano pun menyatakan bahwa level radiasi itu berada pada tingkat yang membahayakan kesehatan manusia.

TOKYO - Krisis nuklir di Jepang pasca-gempa 8,9 skala Richter (SR) dan tsunami pada Jumat lalu (11/3) belum reda. Kebakaran dan ledakan kembali terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News