Dua Orang Indonesia Raih Ramon Magsaysay Award

Dua Orang Indonesia Raih Ramon Magsaysay Award
Dua Orang Indonesia Raih Ramon Magsaysay Award
JAKARTA — Dua tokoh Indonesia mendapatkan anugerah Ramon Magsaysay Foundation Award (RMFA) 2011 dari Ramon Magsaysay Foundation Filipina. Mereka adalah Hasanain Juanini dan Tri Mumpuni.  Hasanain dinilai layak mendapatkan anugerah itu atas kerja keras dan dedikasinya dalam memperjuangkan pendidikan, kesetaraan gender dan isu lingkungan.

Panitia RMFA menyebut melalui Pondok Pesantren Nurul Haramain Putri di Narmada, Lombok Barat, NTB yang dipimpinnya, Hasanain menggagas gerakan itu. Yang unik dari pesantren tersebut  adalah bagaimana keterlibatan masyarakat dalam kegiatan harian ponpes tersebut. Ia, juga dinilai mampu menanamkan sikap toleran kepada masyarakat di sekitar pesantrennya untuk mau menerima perbedaan faham masyarakat di sekitar.

Selain itu dari ponpes tersebut juga, ia menggalakkan pembibitan tanaman hutan untuk me reboisasi hutan kritis yang ada di sekitarnya. Ini, juga dilakukan dengan melibatkan masyarakat sekitar dan menumbuhkan rasa tanggung jawab moral masyarakat terhadap lingkungan.

‘’Panitia mengapresiasi kesungguhannya  dalam membangun pendidikan pesantren berbasis kemasyarakatan, menanamkan kesetaraan gender, kerukunan beragama, menjaga lingkungan, prestasi secara individu, keterlibatan dalam aktifitas pendidikan dan komunitas yang dibangunnya,’’ ujar Panitia RMFA dalam situs resminya, Kamis (27/7).

JAKARTA — Dua tokoh Indonesia mendapatkan anugerah Ramon Magsaysay Foundation Award (RMFA) 2011 dari Ramon Magsaysay Foundation Filipina. Mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News