Dua Pejabat Baru KPK Dilantik Hari Ini

Dua Pejabat Baru KPK Dilantik Hari Ini
Kapolda NTB Brigjen Pol Firli. Foto: Lombok Post/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pimpinan KPK akan melantik deputi bidang penindakan dan direktur penuntutan, Jumat (6/4) siang. Meski nama Kapolda NTB Brigjen Pol Firli sudah santer disebut sebagi pengganti Komjen Pol Heru Winarko di lembaga antirasuah, KPK belum bersedia menyebut nama.

Mereka hanya memastikan bahwa pelantikan pejabat baru yang akan mengisi kursi deputi penindakan dilaksanakan hari ini.

Keterangan itu disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) KPK Febri Diansyah kemarin (5/4). ”Besok (hari ini) rencananya sekitar pukul 14.00 WIB dilakukan pelantikan terhadap dua pejabat KPK,” ungkap dia.

Sebelumnya Wakapolri Komjen Syafruddin mengatakan, Brigjen Firli akan segera dilantik sebagai deputi penindakan KPK.

“Sudah, besok Pak Firli dilantik sebagai deputi,” kata dia di kantor Dewan Masjid Indonesia, Kamis (5/4).

Febri mengatakan, pelantikan tersebut dilaksanakan setelah proses seleksi berlapis selesai. Menurut pria yang akrab dipanggil Febri itu, deputi penindakan dipilih dari sepuluh calon yang mengajukan diri.

Febri memastikan, proses seleksi sudah dilaksanakan sebaik mungkin. Sejak awal, kata dia, KPK sudah menyampaikan calon-calon yang berasal dari kepolisian, kejaksaan, maupun internal KPK.

Sesuai kebutuhan, KPK harus memilih calon yang memenuhi syarat yang layak sebagai deputi penindakan. Mulai kemampuan teknis penyidikan, penanganan perkara, manajemen penanganan perkara, sampai kemampuan intelijen.

Pimpinan KPK akan melantik dua pejabat baru yakni deputi bidang penindakan dan direktur penuntutan, Jumat (6/4) siang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News