Dubes Hamianin Bercerita tentang Nusantara, Begini Kisahnya

Dubes Hamianin Bercerita tentang Nusantara, Begini Kisahnya
Dubes Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin. Foto: dok. Humas Kedubes Ukraina

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin menggelar perayaan 30 tahun hubungan negaranya dengan Indonesia, pekan lalu.

Dalam perayaan itu, dia mengungkap orang Ukraina pertama yang memperkenalkan budaya Nusantara pada akhir abad ke-19, yakni Mykola Myklukha-Maklai.

"Ketekunannya mendokumentasikan masyarakat Nusantara membuat dunia memahami Indonesia lebih baik," kata Vasyl Hamianin.

Dia lantas menceritakan sejarah Mykola Myklukha-Maklai atau juga dikenal sebagai Nicholas Miklouho-Maclay, naturalis dan antropolog pengagum Charles Darwin yang terpilih sebagai anggota dari Royal Society of Naturalists Hindia Belanda di Batavia, pada 16 Agustus 1873.

Selain dikenal sebagai naturalis yang tekun, Mykola Myklukha-Maklai adalah humanis yang aktif melawan perdagangan budak.

Berkat upaya Mykola, pada November 1878, pemerintah Belanda turun tangan menyelidiki lalu lintas budak di wilayah Ternate dan Tidore, Kepulauan Maluku.

Sejak masa penjajahan Spanyol, tanah di Kepulauan Maluku subur dan banyak memberikan hasil diantaranya cengkeh dan pala yang menjadi sumber rempah-rempah dunia dan menyumbangkan devisa bagi Belanda.

Hal ini yang membuat bangsa Ukraina mendukung upaya kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.

Dubes Ukraina Vasyl Hamianin bercerita tentang nusantara dan sejarah panjang hubungan Indonesia dan negaranya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News