Duga Prabowo Siapkan Kejutan di Pilkada demi Pilpres 2019

Duga Prabowo Siapkan Kejutan di Pilkada demi Pilpres 2019
Prabowo Subianto. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Pusat Kajian Survei Opini Publik (PKSOP) Ziyad Falahi menduga Ketua Umum Prabowo Subianto sedang menyiapkan berbagai kejutan dalam Pilkada 2018 sebagai sekenario untuk Pemilu 2019. Salah satunya adalah dengan menyiapkan Yenny Wahid untuk Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim).

Ziyad mengatakan, tokoh-tokoh yang terpilih pada Pemilukada 2018 akan mewarnai Pemilu 2019. Bahkan, bisa jadi bursa calon wakil presiden mendatang juga disemarakkan oleh para kepala daerah yang menonjol.

"Kalau nanti Yenny memenangi Pilkada Jatim, maka bukan hanya pilgub saja yang akan dimenangkan Prabowo, tapi bagaimana mengocok ulang bursa cawapres," ucap Ziyad, Rabu (3/1).

Ziyad mengatakan, kemunculan putri Presiden Keempat RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu bisa menjadi penantang bagi tokoh-tokoh NU lain yang digadang-gadang sebagai cawapres. Antara lain Muhaimin Iskandar dan Lukman Hakim Saifuddin.

Karena itu Ziyad mengatakan, tidak ada salahnya bila Yenny menerima pinangan Gerindra untuk diusung sebagai cagub Jatim. Sebab, posisi gubernur Jatim bisa jadi batu loncatan ke bursa cawapres.

"Jadi ini strategi jangka panjang sebenarnya dari Prabowo. Dan menurut saya tidak ada salahnya Yenny menerima (jadi cagub Jatim)," kata pengamat jebolan Universitas Airlangga (Unair) ini.(fat/jpnn)


Pengamat politik menduga Ketua Umum Prabowo Subianto sedang menyiapkan berbagai kejutan dalam Pilkada 2018 sebagai sekenario untuk Pemilu 2019.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News