Dugaan Bagi-bagi Kavling di IKN, LaNyalla Ingatkan Kepala Otorita

Dugaan Bagi-bagi Kavling di IKN, LaNyalla Ingatkan Kepala Otorita
LaNyalla bicara soal penundaan pemilu. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono untuk mewaspadai praktik bagi-bagi kavling. LaNyalla mengingatkan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah mengendus adanya praktik itu.

"Saya minta transparansi dan akuntabilitas kinerja dalam pembangunan IKN. Terutama terkait potensi bagi-bagi kavling yang pernah diungkap oleh KPK," ucap LaNyalla dalam keterangannya, Minggu (12/3).

LaNyalla menyadari Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara memiliki wewenang khusus seperti pemberian perizinan investasi, kemudahan berusaha, serta pemberian fasilitas khusus.

Terutama kepada pihak yang mendukung pembiayaan dalam rangka kegiatan persiapan, pembangunan, pemindahan IKN, serta pengembangan Ibu Kota Nusantara dan daerah mitra.

"Kami berharap kewenangan tersebut tidak membuka peluang-peluang penyimpangan yang dapat menimbulkan dampak merugikan dari pemberian fasilitas tersebut," paparnya.

LaNyalla berharap pembangunan IKN tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga harus mengusung kohesivitas dengan warganya.

"Terpenting adalah IKN memunculkan peradaban baru. Menjadi kota bagi semua kalangan dan menjadi contoh global," ucapnya.(tan/jpnn)


LaNyalla Mattalitti menyoroti praktik bagi-bagi tanah di IKN Nusantara. LaNyalla ingatkan Bambang Susantono.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News