Duh, Sudirman Disebut Kelola ESDM Seperti Warung

Duh, Sudirman Disebut Kelola ESDM Seperti Warung
Duh, Sudirman Disebut Kelola ESDM Seperti Warung

jpnn.com - JAKARTA - Menteri ESDM Sudirman Said selama ini dinilai banyak menuai kegaduhan dalam menjalankan tugasnya. Mulai dari kasus Freeport yang membuat Setya Novanto mundur sebagai Ketua DPR RI hingga rencana pungutan dana ketahanan energi. 

"Selama ini Sudirman Said hanya menimbulkan masalah. Di tingkat kabinet sering berkonflik dengan Rizal Ramli (Menko Maritim) dan Luhut Panjaitan (Menko polhukam). Bahkan untuk kasus besar seperti Frerport dia tidak bisa membawa keuntungan untuk kita,” terang pakar  dari Universitas Tarumanagara, Ahmad Redi, Sabtu (23/1).

Tak hanya itu, kata dia, dalam mengelola dan mengambil kebijakan Sudirman kerap menerobos aturan hukum. Misalnya, saat akan memberlakukan pungutan dana ketahanan energi.

"Saya lihat cara Sudirman memimpin kementerian ESDM itu seperti mengelola warung. Sektor ini di bawah dia sangat carut marut,” jelasnya.

Khusus di kasus Freeport, Redi, minta Sudirman harusnya mengikuti langkah semua pihak yang ikut dalam pusaran kasus tersebut. Yakni mundur dari jabatan Menteri ESDM. Seperti yang dilakukan oleh Dirut Freeport McMorran, James Moffet, juga Ketua DPR Setya Novanto yang dari Ketua DPR, dan terakhir Presdir Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoedin.

"Mestinya Sudirman juga mundur. Cari orang yang punya nasionalisme tinggi untuk mengelola sektor ESDM kita,” demikian Redi. (sam)


JAKARTA - Menteri ESDM Sudirman Said selama ini dinilai banyak menuai kegaduhan dalam menjalankan tugasnya. Mulai dari kasus Freeport yang membuat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News