Dukung Implementasi Rate Asean

Dukung Implementasi Rate Asean
Dukung Implementasi Rate Asean
JAKARTA-Menteri Perdagangan RI Mari Elka pangestu mengatakan Kepala Negara yang hadir di dalam KTT ASEAN ke-15 di Bangkok, Thailand beberapa waktu lalu, menyambut baik adanya pencapaian implementation rate ASEAN yang tercatat sebesar 73,33 persen.“Pencapaian yang dicatat oleh para Kepala Negara tersebut antara lain, penghapusan  ASEAN dari 4,43 persen pada tahun 2000 menjadi 1,32 persen pada tahun 2008,” terang Mendag di Jakarta, Senin (26/10).

Selain itu, Mendag juga mengatakan bahwa kemajuan lainnya juga dicatat di bidang-bidang Hak Kekayaan Intelektual khususnya untuk mendorong kegiatan UKM, persaingan usaha, perlindungan konsumen, penyederhanaan Ketentuan Asal Barang, serta upaya pembentukan Dewan UKM ASEAN pada tahun depan.

“Kemajuan yang dicapai ini menunjukkan adanya kesungguhan ASEAN untuk mendorong proses integrasi ekonomi menuju masyarakat ekonomi ASEAN pada tahun 2015. Namun juga perlu diingat, kemajuan ini dicapai di tengah keadaan krisis keuangan yang dampaknya dialami oleh semua negara di dunia,” serunya.

Sementara itu, hal yang menarik untuk dicatat, lanjut Mendag,  adalah dilangsungkannya Public-Private Sector Policy Dialogue dalam kesempatan Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN pada 22 Oktober 2009. Dikatakan, Policy Dialogue yang diforkuskan pada sektor otomotif ini merupakan yang kedua kalinya digelar oleh para Menteri Ekonomi setelah yang pertama dilangsungkan pada bulan Agustus 2009 dengan fokus pada sektor tekstil dan garmen.

JAKARTA-Menteri Perdagangan RI Mari Elka pangestu mengatakan Kepala Negara yang hadir di dalam KTT ASEAN ke-15 di Bangkok, Thailand beberapa waktu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News