Dukung Jokowi-JK, Bekraf Gelar Workshop di Sumedang

Dukung Jokowi-JK, Bekraf Gelar Workshop di Sumedang
Direktorat Edukasi Badan Ekonomi Kreatif Indonesia menyelenggarakan workshop bertema “Pendataan dan Pengembangan Desain Kemasan di Sumedang" pada Senin (17/9) di Sumedang, Jawa Barat. Foto: Humas Bekraf

jpnn.com, SUMEDANG - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kala (JK) memberi perhatian besar dan serius terhadap pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dengan didirikannya Lembaga Non-Kementerian yang baru yaitu Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Jokowi dalam sambutannya saat acara Temu Kreatif Nasional 4 Agustus 2015 lalu, menyatakan bahwa ekonomi kreatif dapat menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia di masa yang akan datang.

Sebagai bentuk dukungan terhadap komitmen politik Pemerintahan Jokowi-JK tersebut, Direktorat Edukasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia menyelenggarakan kegiatan workshop sehari di Kota Sumedang, Jawa Barat (Jabar), Senin (17/9/2018).

Dukung Jokowi-JK, Bekraf Gelar Workshop di Sumedang

Workshop yang mengusung tema “Pendataan dan Pengembangan Desain Kemasan di Sumedang” ini menghadirkan sejumlah narasumber yakni Endang Warsiki (Ahli Kemasan IPB), Sugeng Untung (Desainer Produk), Ratieh Sanggarwaty (Anggota Komisi X DPR RI) dan Mohammad Amin (Kepala Sub Direktorat Edukasi Ekonomi Kreatif Publik).

Ratieh Sanggarwaty dalam materinya menjelaskan sudah saatnya kaum perempuan diikutsertakan dan berperan untuk mewujudkan terselenggaranya ekonomi kreatif di Indonesia. Perempuan memupunyai peran yang sangat penting dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Bagi pengusaha wanita pemula tentunya tidak pernah ada waktu untuk berleha-leha, bahkan semakin bisnis terus berkembang, harus lebih giat lagi agar bisnis bisa langgeng dan lebih besar dari sebelumnya,” papar Ratieh.

Lebih lanjut, dia menjelaskan daerah Sumedang memiliki beragam aneka makanan khas bahkan sudah dikenal hingga manca negara. Selain kuliner, di Sumedang juga memiliki potensi Agrobisnis dan Peternakan.

Sudah saatnya kaum perempuan diikutsertakan untuk mewujudkan terselenggaranya ekonomi kreatif di Indonesia. Perempuan mempunyai peran yang sangat penting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News