Dukung Kolintang Goes to UNESCO, PINKAN Indonesia Lakukan Ini, Keren

Dukung Kolintang Goes to UNESCO, PINKAN Indonesia Lakukan Ini, Keren
Ketua Umum PINKAN Indonesia Ibu Penny Marsetio pada saat membuka Pers Converence tentang Lomba Virtual Kolintang tingkat SD dan SMP untuk dukung Kolintang Goes to Unesco melalui daring yang diselenggarakan PINKAN Indonesia didukung oleh Sanggar Limeka, Jumat (11/3). Foto: PINGKAN Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Alat musik kolintang dianggap layak untuk mendapatkan pengakuan United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (Unesco) sebagai warisan budaya dunia.

Oleh karena itu, Persatuan Insan Kolintang Indonesia (PINKAN) Indonesia didukung oleh Sanggar Limeka akan menyelenggarakan Lomba Virtual Kolintang tingkat usia SD-SMP (LVKSD-SMP).

Hal ini bertujuan untuk mendukung Kolintang warisan budaya tak benda Indonesia asal Minahasa dan untuk menumbuh kembangkan bakat serta minat anak-anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) sekaligus memperingati hari pendidikan Nasional.

Demikian sambutan Ketua Umum PINKAN Indonesia Ibu Penny Marsetio pada saat membuka Pers Converence tentang Lomba Virtual Kolintang tingkat SD dan SMP untuk dukung Kolintang Goes to Unesco melalui daring yang diselenggarakan PINKAN Indonesia didukung oleh Sanggar Limeka, Jumat (11/3).

Hadir dalam presscon tersebut musisi dan pakar etnomusikologi Franki Raden, PhD, Ketua PINKAN Indonesia Penny Marsetio, Pembina Sanggar Limeka dan Winetin Mayor Jenderal TNI (Purn) Lodewyk Pusung.

Kegiatan ini dipandu oleh budayawan dari sanggar Winetin Lydia Katuuk.

Penny Marsetyo menegaskan lomba ini untuk lebih mengenalkan kolintang bagi generasi milenial yaitu tingkat anak-anak sekolah dasar  (SD) dan tingkat SMP.

Dia menilai kegiatan tersebut sebagia titik awal untuk mengenalkan kolintang di seluruh NKRI. Sebab, mereka adalah generasi penerus bangsa ini.

Alat musik kolintang dianggap layak untuk mendapatkan pengakuan Unesco sebagai warisan budaya tak benda Indonesia asal Minahasa, Sulawesi Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News