Dukung Loop Line, DKI akan Bangun Underpass dan Flyover

Dukung Loop Line, DKI akan Bangun Underpass dan Flyover
Underpass Trunojoyo di Blok M, Jakarta Selatan saat pertama kali dioperasikan pada Senin (12/3) lalu. Foto : Arundono W/JPNN
PEMPROV DKI Jakarta akan membangun underpass dan flyover untuk mendukung pengembangan sistem jalur lingkar kereta api (loop line) di Jabodetabek. Hal itu merupakan wujud bantuan DKI terhadap PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sehingga bisa menambah kapasitas dan jumlah waktu perjalanan kereta api.

Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Azaz Tigor Nainggolan mengatakan, pembangunan underpass dan flyover tentunya akan sangat membantu sistem loop line. Apalagi loop line bertujuan menjadi salah satu upaya mengatasi masalah kemacetan lalu lintas jalan. "Loop line merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan DKI," ujar dia, Selasa (13/3).

Bahkan Pemprov DKI telah siap untuk melakukan pembebasan lahan. Karena itu, kata Tigor, dibutuhkan dukungan pemerintah pusat untuk mewujudkannya. Kementrian Perhubungan dan BMUN diharapkan bisa melakukan pembenahan di tubuh PT KAI.

"Angkutan umum di Jakarta yang paling utama sekarang ini harus dibangun adalah kereta api. Sementara kereta api di Jakarta ini ini kan jelek sekali," tandasnya.

PEMPROV DKI Jakarta akan membangun underpass dan flyover untuk mendukung pengembangan sistem jalur lingkar kereta api (loop line) di Jabodetabek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News