Dukung Pemenuhan Gas Dalam Negeri

Dukung Pemenuhan Gas Dalam Negeri
Ilustrasi. FOTO : jawa pos

jpnn.com - Sesuai program pemerintah yang meminta industri gas tanah air memenuhi kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu. Perusahaan gas Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) akan memulai pekerjaan konstruksi pembangunan wellhead platforms yang rencananya akan ditempatkan di Lapangan gas MDA-MBH, Selat Madura. Masing-masing dengan kedalaman laut yang berbeda. Sekitar 80 meter di lapangan MBH dan 100 meter di lapangan MDA.

Jika sesuai rencana, proyek tersebut akan rampung 17 bulan mendatang. Dimulai dari detail engineering sampai pemasangan di lepas pantai. ”Pembangunan ini kami harapkan selesai sesuai target,” kata Senior Manager of Legal, HR & Business Support HCML Wahyudin Sunarya.

Proyek pengembangan lapangan gas MDA-MBH sendiri adalah lapangan kedua yang disetujui Plan of Development (PoD)-nya oleh SKK Migas setelah Lapangan BD. Total akan ada tujuh sumur yang akan dikembangkan di lokasi tersebut.

Hasil produksi Lapangan MDA-MBH akan disalurkan kepada tiga pembeli utama, yakni PT Petrokimia Gresik, PT PLN, dan PT Pertamina.

“Dari lapangan ini, kami ditetapkan menjual seluruh gas ke dalam negeri dan ke perusahaan milik pemerintah. Ini sesuai dengan program pemerintah yang mengutamakan pasokan untuk dalam negeri terlebih dahulu. Dengan mengutamakan gas untuk dalam negeri, secara tidak langsung akan membantu menggerakkan dan meningkatkan laju ekonomi khususnya bagi industri-industri yang ada di daerah,” tutup Wahyudin.

HMCL memang merupakan operator wilayah kerja Madura Strait Block, dimana kegiatannya berada di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. (JPNN/pda)


Sesuai program pemerintah yang meminta industri gas tanah air memenuhi kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu. Perusahaan gas Husky-CNOOC Madura


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News