Dukung Upaya Mitigasi Perubahan Iklim, Pertamina Rehabilitasi Mangrove di Kupang NTT

Dukung Upaya Mitigasi Perubahan Iklim, Pertamina Rehabilitasi Mangrove di Kupang NTT
Pertamina mendukung upaya mitigasi perubahan iklim melalui kegiatan rehabilitasi mangrove yang dikoordinir Kemenko Marves di pesisir Pantai Desa Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah, NTT, Jumat (7/3). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, KUPANG - Pertamina melalui Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) Hutan Pertamina memulihkan lingkungan melalui rehabilitasi mangrove di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan tersebut diselenggarakan bersamaan dengan aksi penanaman serentak dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-41 di pesisir Pantai Desa Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah yang dihadiri lebih dari 500 tamu undangan dan warga sekitar pada Jumat (7/3).

Rehabilitasi mangrove di NTT ini dikoordinir Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang merupakan upaya dan aksi nyata untuk memulihkan lingkungan serta memitigasi perubahan iklim.

Pada kesempatan tersebut, hadir Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Nani Hendiarti, Pj Gubernur NTT Ayodhia Gehak Lakunamang Kalake, Waaster KASAD Bidang Tahwil Komsos Dan Bhakti TNI Brigadir Jenderal Taufiq Shobri.

Hadir juga Staf Ahli Menteri LHK Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam Tasdiyanto, Kepala Balai Besar KSDA NTT Arief Mahmud, Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya S. Poerwadi, dan perwakilan dari beberapa perusahaan PT PLN (Persero), PT Pelindo (Persero) dan Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI).

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Nani Hendiarti menyampaikan untuk mempercepat program rehabilitasi mangrove di Indonesia dibutuhkan dukungan pentahelix.

"Kemenko Marves telah menggalang dukungan untuk tanam mangrove dari program TJSL sejak tahun 2021 dan akan terus berlangsung ke depannya, dan diharapkan dapat menjadi salah satu bagian dari pencapaian target nasional 600 ribu hektare mangrove, dan kami harapkan terjadi peningkatkan mata pencaharian masyarakat dari mangrove," ujar Nani dalam keterangan yang diterima, Minggu (10/3).

Program TJSL Hutan Pertamina yang sejalan dengan proses mitigasi perubahan iklim serta rehabilitasi hutan sudah dijalankan secara massif di seluruh wilayah Indonesia.

Pertamina mendukung upaya mitigasi perubahan iklim melalui kegiatan rehabilitasi mangrove di pesisir Pantai Desa Tanah Merah, Kupang Tengah, NTT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News