Dukungan Deddy Yevri PDIP untuk Rencana Erick Pindahkan Depot Plumpang

Dukungan Deddy Yevri PDIP untuk Rencana Erick Pindahkan Depot Plumpang
Kondisi terkini Depot Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pascakebakaran yang melanda Jumat (3/3) lalu. Foto: Dokumen Mabes Polri

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Deddy Yevri Sitorus menyambut baik keputusan Menteri BUMN Erick Thohir merelokasi unit TBBM Plumpang ke area reklamasi milik PT Pelindo.

Deddy mengaku sudah mendiskusikan rencana itu dengan Menteri BUMN Erick Thohir, dan mengusulkan relokasi Depot Plumpang kepada jajaran Direksi Pertamina sejak dua tahun lalu dalam beberapa kesempatan rapat di DPR

“Saya mengusulkan hal itu sejak terjadinya insiden kebakaran di kilang Indramayu pada Maret 2021 lalu. Dari berbagai rapat itu, saya mendapat data tentang kondisi kerentanan kilang dan TBBM milik Pertamina di berbagai daerah. Jadi, Plumpang itu hanya salah satu lokasi dan memang yang paling rentan dibanding lokasi lainnya,” kata Deddy dalam keterangannya, Selasa (7/3).

“Depot raksasa milik Pertamina itu dikepung oleh permukiman (diduga) ilegal yang justru sangat membahayakan keselamatan rakyat itu sendiri,” kata Deddy.

Pria kelahiran Pematang Siantar itu mengatakan Pertamina sebenarnya memiliki standar prosedur yang mengatur keberadaan kilang dan TBBM.

Akan tetapi, kata dia, banyak orang yang menduduki lahan milik Pertamina itu tanpa memedulikan kerentanan atau risiko yang hadapi.

Hingga akhirnya terjadi insiden besar yang menyebabkan korban jiwa serta harta benda bagi masyarakat itu sendiri.

Deddy berujar, dari data yang dimiliknya diketahui bahwa lahan milik Pertamina di kawasan itu dibeli pada 1971, dengan luas 153,4 hektare dan terbagi di lima lokasi.

Deddy Yevri PDIP mendukung rencana Erick Thohir memindahkan Depot Pertamina Plumpang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News