Dukungan untuk Said Aqil dari PCNU Jabar

Dukungan untuk Said Aqil dari PCNU Jabar
Dukungan untuk Said Aqil dari PCNU Jabar
JAKARTA - Persaingan untuk menduduki jabatan Ketua Umum PBNU terus menghangat. Setidaknya, itu terlihat dari aksi dukung-mendukung yang terus meluncur lewat berbagai forum. PCNU se-Jawa Barat misalnya, menegaskan bahwa mereka mendukung Dr KH Said Aqil Siradj MA, sebagai sosok Ketua Umum menggantikan Dr KH Hasyim Muzadi.

Disebutkan, pilihan kepada Said Aqil itu antara lain dengan mempertimbangkan kebutuhan NU dalam perannya di dalam dan luar negeri. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Dedi Wahidi, Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Barat, melalui rilis kepada media massa, Sabtu (20/3). Menurut Wahidi, di masa depan pada ranah internasional, NU dituntut untuk makin aktif memasarkan konsep Islam (sebagai) rahmatan lil alamin, baik di dunia barat maupun di Asia-Afrika, terutama di beberapa negara yang dilanda konflik.

Peran ini kata Wahidi, bersifat melanjutkan dari program yang sudah dirintis duet KH Sahal Mahfudz dan KH Hasyim Asyari sebelumnya. "Dari sisi keilmuan dan kemampuan berdiplomasi, Kiai Said diyakini mampu meneruskannya, mengingat dalam 10 tahun terakhir Kiai Said sering mewakili NU di kancah internasional, menjelaskan konsep Islam ahlussunnah wal jamaah perspektif Nahdlatul Ulama, serta konsep rahmatan lil alamin. Empat belas tahun Kiai Said belajar di Mekkah-Madinah, serta aktif dalam dunia intelektual. Basic itu meyakinkan kami akan kemampuan beliau," paparnya.

Menurut Wahidi lagi, sementara itu di ranah dalam negeri, NU dituntut untuk kembali berkonsentrasi menguatkan masyarakat pesantren, terutama di bidang pendidikan dan ekonomi. "Kiai Said telah menyiapkan konsep dan langkah taktis guna memajukan pendidikan dan ekonomi di kalangan NU, (yakni) konsep pendidikan sebagai proses pengkaderan. Salah satu turunannya, misalnya, setiap tahun beliau rutin memberangkatkan santri NU ke luar negeri, di mana nanti jumlah yang diberangkatkan akan meningkat pesat," jelasnya pula.

JAKARTA - Persaingan untuk menduduki jabatan Ketua Umum PBNU terus menghangat. Setidaknya, itu terlihat dari aksi dukung-mendukung yang terus meluncur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News