Dunia Hari Ini: Bentrokan Antaretnis di India Menewaskan Lebih dari 50 Orang

Dunia Hari Ini: Bentrokan Antaretnis di India Menewaskan Lebih dari 50 Orang
Pihak keamanan di India mengatakan telah menurunkan personil ke kawasan Manipur sejak hari Jumat, termasuk lewat jalur darat dan udara. (AFP)

Selamat datang di pekan yang baru!

Supaya Anda tetap enggak ketinggalan berita, kami pilihkan sejumlah informasi yang terjadi di berbagai negara, yang telah kami rangkum untuk Anda. Dunia Hari Ini, edisi Senin 8 Mei 2023, kita awali dari India

Warga etnis Meitei India minta pengakuan

Bentrokan antar etnis di Manipur, India telah menewaskan lebih dari 50 orang, sementara kekerasan baru terus terjadi hingga Minggu malam. 

Pihak berwenang di India mengatakan lebih dari 500 rumah serta beberapa kendaraan telah dibakar oleh warga.

Penyebab dari bentrokan ini adalah permintaan dari suku Meitei yang ingin diakui statusnya, tetapi suku-suku lain Manipur menentangnya.

Tentara India di negara bagian Nagaland mengatakan sudah 13 ribu orang mencari perlindungan dari kekerasan.

Penembakan terjadi lagi di Amerika Serikat

Sedikitnya delapan orang warga di kawasan Allen, Texas, tewas ditembak oleh seorang pria, sebelum pria tersebut ditembak polisi di depan pusat perbelanjaan.

Gubernur Texas Greg Abbott menyebut penembakan ini sebuah "tragedi yang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata dan negara bagiannya siap memberikan bantuan apapun yang dibutuhkan oleh warga.

Suku Maitei ingin mendapatkan pengakuan status di India, tapi warga dari suku lainnya menolak dan menyebabkan bentrokan etnis

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News