Dunia Hari Ini: Pernyataan Jokowi Soal Kampanye Dianggap Penyalahgunaan Wewenang

Dunia Hari Ini: Pernyataan Jokowi Soal Kampanye Dianggap Penyalahgunaan Wewenang
Presiden Joko Widodo mengatakan Presiden dan menteri boleh ikut berkampanye menjelang Pemilu 2024. (Antara: Galih Pradipta)

Anda menyimak laporan Dunia Hari Ini edisi Kamis, 25 Januari 2024.

Berita utama dari Indonesia.

Jokowi: 'Presiden boleh ikut kampanye' 

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa presiden maupun menteri memiliki hak demokrasi dan politik untuk ikut kampanye pemilu selama tidak menggunakan fasilitas negara.

Jokowi mengatakan hal itu menanggapi adanya sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju yang masuk sebagai tim sukses untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024.

"Hak demokrasi, hak politik, setiap orang. Setiap menteri sama saja, yang paling penting presiden itu boleh loh kampanye, boleh loh memihak. Boleh," kata Jokowi.

Menurut Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, sikap Jokowi yang berpihak dalam Pemilu mendatang merupakan bentuk penyalahgunaan wewenang dan merusak demokrasi.

" Bawaslu maupun DPR mestinya menggunakan kewenangannya untuk mencegah dan menindak hal tersebut", menurut pernyataan YLBHI.

Penumpang pesawat tawanan perang Ukraina tewas

Sebuah pesawat militer Rusia jatuh di wilayah perbatasan Ukraina dan Moscow.

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia menolak pernyataan Jokowi soal kampanye dan menganggapnya sebagai bentuk penyalahgunaan wewenang

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News