Dunia Hari Ini: 'Setahun dalam Neraka' Perang Ukraina dan Rusia

Dunia Hari Ini: 'Setahun dalam Neraka' Perang Ukraina dan Rusia
Ukraina menandai satu sejak invasi Rusia dimulai, yang hingga kini masih berlangsung. (AP: Emilio Morenatti)

Raisa suka makan ikan, tidak terasa mau akhir pekan.

Kami sudah merangkum berita utama pilihan yang terjadi di sejumlah negara dalam 24 jam terakhir.

Dunia Hari Ini, edisi Jumat 24 Februari, diawali dengan laporan dari Ukraina.

Peringatan setahun perang Ukraina dan Rusia

Olena Zelenska, ibu negara Ukraina mengatakan negaranya memperingati satu tahun perlawanan yang berhasil, meski seperti "setahun dalam neraka".

"Satu tahun perang besar yang mengerikan untuk diperingati. Karena ini adalah tahun penyerangan, agresi, dan pembunuhan," katanya.

"Hari ini kita tidak memperingati satu tahun perang, tetapi kita merayakan satu tahun perlawanan terhadap agresi, satu tahun keberanian, satu tahun saling mendukung dan menyelamatkan satu sama lain, satu tahun kemanusiaan, dan satu tahun persahabatan," katanya dari tempat penampungan di Lithunia.

Putin bertekad tingkatkan kekuatan nuklir

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan akan meningkatkan kekuatan nuklirnya dengan mengerahkan rudal balistik antarbenua baru yang sudah lama tertunda, selain juga meluncurkan rudal hipersonik serta menambah kapal selam nuklir baru.

Setahun sejak invasi ke Ukraina, Presiden Putin sudah memberikan sinyal bahwa jika negara-negara Barat tidak mundur di Ukraina, ia akan siap mengabaikan pengendalian senjata nuklir, termasuk moratorium uji coba nuklir.

Dunia Hari Ini, edisi Jumat 24 Februari, diawali dengan laporan dari Ukraina. Ibu negara Ukraina mengatakan Ukraina sudah setahun berada dalam neraka

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News