e-Warong dan KKS akan Tekan Angka Kemiskinan di Pekanbaru

e-Warong dan KKS akan Tekan Angka Kemiskinan di Pekanbaru
Warga menunjukkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Riau, Senin (12/12). Foto: Riau pos/jpg

jpnn.com - PEKANBARU - Kementerian Sosial kembali meluncurkan e-Warong Kelompok Usaha Bersama Ekonomi-Program Keluarga Harapan (Kube-PKH), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Riau, Senin (12/12). 

Peluncuran tersebut langsung dilakukan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa. Peluncuran e-Warong ini merupakan yang ke-37 dari 44 kota yang ditargetkan sampai Desember tahun ini. Kemudian untuk periode selanjutnya tahun 2017 akan ada 44 kota lagi yang akan diresmikan.

"Mulai Januari 2017, akan ada 44 kota. Penerima sebanyak 1,4 juta jiwa akan beralih dari subsidi pangan ke bantuan pangan."

"Mereka akan menerima melalui KKS yang juga merupakan kartu combo dengan menggunakan sistem e-wallet, dimana jika yang bersangkutan penerima raskin ada e-wallet bantuan pangan," jelas menteri Khofifah sepeerti diberitakan Riau Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Jika yang bersangkutan adalah penerima Elpiji 3 Kg, lanjut Menteri, maka akan ada wallet elpijinya. Berikut juga jika penerima PKH, dan dibeberapa daerah juga sudah mulai disinergikan. 

Bahkan di Jogja, Kartu Indonesia Pintar (KIP) juga sudah bersinergi dengan kartu yang sama. Dengan penerapan sistem tersebut, maka monitoring dapat dilakukan realtime dari kantor Gubernur misalnya jika sudah banyak yang mengaksesnya.

"Karena inikan baru pertama E Warong di Pekanbaru. Kalau melihat jumlah penerima rumah tangga sasaran penerima manfaat ada 19230 orang. Dibutuhkan 20 E Warong, dari E Warong yang ada akan disinergikan dengan agen BRI," jelasnya.

Untuk Kota Pekanbaru, dari laporan yang pihaknya terima, masih butuh perluasan di enam kecamatan. Hal itu dilakukan supaya penerima raskin di Pekanbaru pada Januari 2017 sudah bisa mengakses melalui kartu KKS dan bisa mendapatkan bantuan pangan. 

PEKANBARU - Kementerian Sosial kembali meluncurkan e-Warong Kelompok Usaha Bersama Ekonomi-Program Keluarga Harapan (Kube-PKH), dan Kartu Keluarga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News