Effendi Dukung Rumah Besar jadi Situs Peradaban Islam

Effendi Dukung Rumah Besar jadi Situs Peradaban Islam
Effendi Simbolon mengunjungi Desa Silau Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumut. Foto: ist for JPNN.com

jpnn.com, ASAHAN - Effendi Simbolon kemarin (30/10) mengunjungi Desa Silau Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumut.

Anggota DPR itu bertandang ke Rumah Besar Melayu Kabupaten Asahan. Effendi Simbolon menunjukkan kekagumannya, bahkan mendukung usulan masyarakat untuk menjadikannya sebagai situs Peradaban Islam Nasional.

“Apa yang diharapkan oleh masyarakat Silau Laut akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Kita akan sama-sama mempertahankan wilayah ini akan menjadi cagar budaya utama di wilayah Asahan ini,” kata Effendi Simbolon dalam acara Silahturahmi bersama Tuan Syech Silau.

Dia mengatakan kedatangannya semata bentuk kepedulian terhadap masyarakat Silau Laut. "Alhamdulillah, kami bisa sampai ke Kecamatan Silau Laut yang merupakan pusat Peradaban Agama Islam ini. Dan sangat terasa kedamaiannya di sini," ucapnya Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) itu.

Pria yang belakangan terus didorong maju sebagai cagub Sumut itu mengungkapkan, dia merasa damai sejak turun dari mobil menuju Rumah Besar di Desa Silau Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan.

Rumah Besar itu berdisain rumah panggung, katanya, seperti rumah panggung di Banjarmasin. "Di Banjar terbuat dari Kayu Ulin, kalau disini tadi saya tanya terbuat dari kayu hasil alam daerah sini, seperti kayu Kampar," ucapnya.

Effendi Simbolon duduk bersila sembari bercengkrama dengan ramah bersama tokoh adat.

Dikatakan Effendi, dia akan menyampaikan usulan masyarakat Silau Laut itu kepada Presiden saat berkunjung ke Sumut.

Effendi Simbolon mendukung usulan masyarakat untuk menjadikan Rumah Besar Melayu Kabupaten Asahan sebagai situs Peradaban Islam Nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News