Effendi Simbolon Yakin 2 Tol Baru Pacu Ekonomi Sumut

Effendi Simbolon Yakin 2 Tol Baru Pacu Ekonomi Sumut
Politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi direncanakan meresmikan dua ruas tol di Sumut, Selasa (10/10). Dua ruas tol itu adalah Medan-Binjai dan Kualanamu-Tebingtinggi.

Anggota DPR Effendi Simbolon menilai, peresmian dua ruas tol itu merupakan bentuk komitmen pemerintahan Presiden Jokowi terhadap pembangunan di Sumut.

Effendi yakin, operasional dua ruas tol ini akan mendorong ekonomi Sumut melaju kencang.

“Kalau dua-tiga tahun ini hanya tumbuh di kisaran 5-6 persen per tahun, saya yakin tahun depan seharusnya bisa tumbuh di atas 6 persen," kata Effendi Simbolon di Jakarta, Minggu (8/10).

Lebih lanjut, Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) ini menjelaskan infrastruktur jalan sangat vital untuk menunjang perekonomian daerah atau suatu negara.

"Ada anjuran menyebutkan jika ingin membangun ekonomi maka bangunlah jalan terlebih dulu," tambahnya.

Politikus PDIP ini mencontohkan Tiongkok yang mampu membangun jalan tol rata-rata sepanjang 3.000 km per tahun sehingga kini memiliki ruas tol lebih dari 40.000 km.

Hasilnya, kinerja ekonomi negara itu sangat mengesankan, mampu tumbuh 7-8 persen per tahun, bahkan sempat rata-rata 10 persen dalam periode 2002-2007, sebelum perekonomian dunia melambat akibat krisis finansial global tahun 2008.

“Bahkan kini Tiongkok menjadi kekuatan baru ekonomi yang sangat diperhitungkan dunia," ungkap Effendi.

Effendi Simbolon menilai, peresmian dua ruas tol itu merupakan bentuk komitmen pemerintahan Presiden Jokowi terhadap pembangunan di Sumut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News