Eko Patrio Desak Pemerintah Jaga Kebudayaan Bangsa

Eko Patrio Desak Pemerintah Jaga Kebudayaan Bangsa
Eko Patrio Desak Pemerintah Jaga Kebudayaan Bangsa
JAKARTA - Klaim Malaysia bahwa tarian Tor-tor dan Gondang Sembilan adalah warisan budaya mereka terus dipersoalkan. Pasalnya, klaim negara jiran itu atas budaya dan kesenian Indonesia bukan kali ini saja.

"Buat saya, yang kebetulan di Komisi X, meminta Mendikbud untuk menyelamatkan kebudayaan Indonesia," ujar anggota Komisi X DPR Eko Hendro Purnomo di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/6).

Tidak hanya menyelamatkan tari Tor-tor dan Gondang Sembilan, pemerintah juga harus menyelamatkan budaya-budaya dan kuliner Indonesia agar tidak diklaim oleh Malaysia dan negara lain. Namun, ungkap Eko, penyelamatan budaya dalam negeri, bukan hanya tugas pemerintah.

"Pada dasarnya tidak hanya pemerintah pusat yang bertanggung jawab. Tapi kita semua, Pemda setempat dan pemerintah pusat dan masyarakatnya juga harus berpartisipasi," ungkap politisi PAN yang dulu tergabung dalam grup pelawak Patrio ini.(zul/rmol)

JAKARTA - Klaim Malaysia bahwa tarian Tor-tor dan Gondang Sembilan adalah warisan budaya mereka terus dipersoalkan. Pasalnya, klaim negara jiran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News