Ekonom Ingatkan Ancaman di Balik Era Booming Teknologi

Ekonom Ingatkan Ancaman di Balik Era Booming Teknologi
Pengamat ekonomi dari Research Praus Capital Alfred Nainggolan mengingatkan soal keamanan data di era booming teknologi. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) terbukti menjadi salah satu solusi terdepan masyarakat dalam masa pandemi.

Ekonomi dan berbagai sektor lainnya juga tertolong oleh kemajuan teknologi informasi.

"Industri atau ekonomi digital kita melesat yang menyebabkan sektor ekonomi telekomunikasi dan informasi masih mampu tumbuh dua digit di masa pandemi," kata Peneliti dan Ekonom Indef Nailul Huda dalam keterangannya, Minggu (27/3). 

Namun, di sisi lain ada tantangan ke depan terkait kualitas layanan, kecepatan, dan keamanan data akan menjadi tantangan utama ke depan. Hal itu terjadi seiring booming teknologi digital yang memberikan solusi bagi kehidupan masyarakat di era pandemi.

Kemajuan ekonomi digital dinilainya akan terhambat jika industri telekomunikasi tidak mampu tumbuh secara optimal.

"Perkembangan ekonomi digital juga akan terhambat ketika industri telekomunikasi tidak mampu tumbuh optimal, yang bisa disebabkan karena kualitas masih buruk,” ujar Nailul Huda. 

Alumnus Universitas Indonesia itu juga menyoroti masalah kualitas layanan yang masih buruk.

Salah satu indikatornya adalah kecepatan internet di Indonesia yang masih masuk dalam urutan bawah di antara negara-negara di dunia.

Pengamat ekonomi dari Research Praus Capital Alfred Nainggolan mengingatkan soal keamanan data di era booming teknologi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News