Ekonom Mengakui Peran Penting KUR dalam Tumbuh Kembang UMKM

Ekonom Mengakui Peran Penting KUR dalam Tumbuh Kembang UMKM
Ekonom Senior UGM menilai Himbara termasuk BRI berperan penting dalam mendukung UMKM menyalurkan KUR dalam pemulihan ekonomi. Ilustrasi UMKM: BRI

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom senior Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Adiningsih menilai perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) berperan strategis dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pemulihan ekonomi nasional.

Menurutnya, KUR adalah salah satu program pemerintah yang berperan dalam menopang ketahanan ekonomi nasional di tataran pelaku ekonomi akar rumput seperti UMKM.

Sri menyebut porsi UMKM di Indonesia mencapai 90 persen lebih dari total pelaku usaha nasional.

“KUR sangat berperan untuk ketahanan pelaku usaha di masa pandemi Covid-19. Tidak semua bank tertarik, tapi sebagian besar anggota Himbara, seperti BRI terlibat aktif,” jelas Sri Adiningsih.

"Keuntungan Indonesia mempunyai Himbara adalah bagi bank swasta tidak menarik, tetapi bagi Himbara menarik. Bahkan, sangat mendukung,” imbuh Sri Adiningsih.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkomitmen mendukung tumbuh kembang UMKM, terutama selama masa pandemi.

Salah satu upaya BRI direalisasikan melalui penyaluran KUR.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menyatakan KUR dibidik jadi salah satu stimulus dari pemerintah untuk menyelamatkan para pelaku UMKM di masa pemulihan ekonomi akibat krisis pandemi Covid-19.

Ekonom Senior UGM menilai Himbara termasuk BRI berperan penting dalam mendukung UMKM menyalurkan KUR dalam pemulihan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News