Ekonomi India Terperosok Level Terendah

Ekonomi India Terperosok Level Terendah
Ekonomi India Terperosok Level Terendah
NEWDELHI--Pertumbuhan ekonomi India mencapai pertumbuhan lebih tinggi dari tiga bulan sebelumnya yakni sebesar 5,5 persen dari April sampai Juni. Namun, pertumbuhan ekonomi tersebut merupakan indikasi bahwa ekonomi India telah tergelincir ke level terendah tiga tahun terakhir dan mengalami penurunan yang tajam dalam perekonomian Asia.

"Semua sektor, seperti manufakturing, jasa, dan pertanian mengalami pertumbuhan yang lebih lamban dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," ujar Dharmakirti Joshi, pakar ekonomi pada badan pemeringkat CRISIL di Mumbai kepada VOA.

Dijelaskannya, pertumbuhan investasi di India mendekati angka nol, disusul dengan tingkat konsumsi melamban. Sementara ekspor dan permintaan dari luar negeri juga mulai menurun. India juga terimbas kelesuan ekonomi global dan didukung faktor-faktor domestik sebagai penyebab utama merosotnya pertumbuhan itu. Prosentase sebesar 5,5 persen diatas dinilai tidak memberi harapan besar karena ekonomi negeri Bollywood tersebut mengalami perlambatan dalam beberapa bulan belakangan ini.

"Salah satu kekhawatiran adalah inflasi dan tingkat suku bunga yang terus tinggi, yang berdampak negatif pada tingkat konsumsi, penggerak utama pertumbuhan India," tambahnya.

NEWDELHI--Pertumbuhan ekonomi India mencapai pertumbuhan lebih tinggi dari tiga bulan sebelumnya yakni sebesar 5,5 persen dari April sampai Juni.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News