Eks Bupati Merauke Sebut PON Penghargaan Jokowi kepada Papua

Eks Bupati Merauke Sebut PON Penghargaan Jokowi kepada Papua
Frederikus Gebze saat masih menjabat sebagai bupati Merauke, Jumat (25/10/2019). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Bupati Merauke Frederikus Gebze mengatakan berlangsungnya PON di Bumi Cendrawasih merupakan bentuk penghargaan yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Papua.

"Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan dan prestasi kepada Provinsi Papua untuk menyelenggara PON sebagai salah satu Kebijakan Stretegis Nasional," katanya.

Frederikus mengatakan terdapat 3 hal mendasar yang harus dimaknai terkait penyelenggaraan PON di Papua tersebut.

Pertama yakni dengan penyelenggaraan PON di Papua membuktikan bahwa negara hadir sebagai penyeimbang pembangunan untuk memperbaiki kesenjangan antara wilayah Timur dengan Barat. Penyelanggaraan PON di Papua tersebut dilakukan atas dasar Keadilan dan Persatuan Indonesia dalam Kebinekaaan

Kedua, Penyelenggaraan PON di Papua juga membuktikan kepada masyarakat Indonesia bahwa Papua bisa, mampu, dan di percaya untuk menyelenggarakan event nasional bergengsi.

"Negara hadir menghapus stigma bahwa Papua belum siap, belum mampu yang entah sampai kapan?" katanya.

Ketiga menurutnya, PON di Papua dapat dijadikan sebagai ajang untuk menunjukan pesona Papua. Sebagai Tokoh Papua dan juga mantan aktivis 98 , Frederikus menyampaikan tetimakasish kepada Jokowi yang memberikan kepercayaan penyelenggaraan PON di tanah Papua.

Menurutnya Presiden melakukan pembangunan yang seimbang antara wilayah Barat dan Wilayah Timur.

Mantan Bupati Merauke Frederikus Gebze mengatakan berlangsungnya PON di Bumi Cendrawasih merupakan bentuk penghargaan Jokowi kepada Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News