Eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

Eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin
Terdakwa mantan Wali Kota Yogyakarta periode 2012-2022 Haryadi Suyuti berjalan menuju ruangan untuk sidang lanjutan secara daring di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (30/1/2023). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww)

jpnn.com, JAKARTA - Eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi dijebloskan ke Lapas Sukamiskin.

Haryadi tidak sendiri, sekretaris pribadinya, Triyanto Budi Yuwono juga digiring KPK ke Lapas Sukamiskin.

"Jaksa Eksekutor Andry Prihandono telah selesai melaksanakan eksekusi putusan Pengadilan Tipikor pada PN Yogyakarta yang berkekuatan hukum tetap dengan terpidana Haryadi Suyuti dan Triyanto Budi Yuwono," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Senin.

Kedua terpidana itu telah dieksekusi ke Lapas Sukamiskin, Bandung, pada Kamis (16/3).

Ketua Majelis Hakim PN Yogyakarta M. Djauhar Setyadi menyatakan Haryadi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dengan menerima sejumlah barang dan uang demi memuluskan penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Apartemen Royal Kedhaton dan Hotel Iki Wae/Aston Malioboro dalam kurun waktu 2019-2022.

Haryadi Suyuti divonis pidana penjara selama tujuh tahun dikurangi masa penahanan yang telah dijalani, serta diwajibkan membayar pidana denda Rp 300 juta dan uang pengganti Rp 165 juta.

Selain hukuman pidana penjara dan pidana, Haryadi juga dijatuhi hukuman tambahan berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama lima tahun, terhitung sejak selesai menjalani hukuman pidana.

Vonis kepada mantan wali kota Yogyakarta itu lebih berat dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) KPK yang menuntut hukuman 6,5 tahun penjara.

Eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi terbukti melakukan tindak pidana korupsi demi memuluskan penerbitan IMB hotel dan apartemen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News