Eksekusi Dua WNI Tanpa Notifikasi, Arab Saudi Dituding Tak Menganggap Pemerintahan RI

Eksekusi Dua WNI Tanpa Notifikasi, Arab Saudi Dituding Tak Menganggap Pemerintahan RI
Eksekusi Dua WNI Tanpa Notifikasi, Arab Saudi Dituding Tak Menganggap Pemerintahan RI

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR yang membidangi perburuhan, Dede Yusuf menilai eksekusi mati terhadap dua tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi tanpa notifikasi menunjukkan pemerintah di negeri kerajaan itu tak menganggap Pemerintah RI. Menurutnya, ada persoalan pada hubungan bilateral antara Indonesia dengan Arab Saudi.

"Kalau saya membaca dalam dua hari ini ada hukuman mati tanpa pemberitahuan, artinya pemerintah kita dianggap tidak ada oleh pemerintah Saudi. Itu artinya hubungan bilateral dua negara ini tidak berjalan dengan optimal," kata Dede di gedung DPR, Jakarta, Jumat (17/4).

Dede menilai kondisi itu harus disikapi serius oleh pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Sebab, kata politikus Partai Demokrat itu, bagaimanapun saat ini masih ada ratusan WNI di berbagai negara yang terancam hukuman mati.

"Banyak TKI kita yang saat ini mendapatkan ancaman hukuman mati, masih tersisa ratusan lagi. Sejak dahulu, selalu ada ancaman hukuman mati, tetapi itulah tugas kepala negara harus sanggup berkomunikasi dengan kepala negara lain," jelasnya.

Dalam kasus dua TKI yang dihukum mati di Arab Saudi, yakni Siti Zaenab dan Karni binti Medi Tarsim, Dede mengingatkan bahwa eksekusi tanpa notifikasi itu menjadi pesan bagi pemerintah Indonesia untuk berhati-hati dan tidak boleh lepas tangan terhadap masalah yang ada.  Apalagi, lanjutnya, Arab Saudi saat ini dipimpin rajanya yang baru, Salman bin Abdul Aziz Al Saud.

"Artinya mungkin dia belum kenal sama Indonesia, belum memahami pentingnya Indonesia, saya merasa kita kecolongan. Menurut saya ini messages (pesan, red) yang diberikan pada pemerintahan Indonesia," ungkap mantan wakil gubernur Jawa Barat ini.(fat/jpnn)

 


JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR yang membidangi perburuhan, Dede Yusuf menilai eksekusi mati terhadap dua tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News