Ekspor Dalam Negeri Merosot, Begini Komentar Menteri Lembong

Ekspor Dalam Negeri Merosot, Begini Komentar Menteri Lembong
Thomas Lembong. Foto: Dok. JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perdagangan Thomas Lembong menilai penurunan ekspor di Indonesia sepanjang semester I 2015 merupakan hal yang wajar. Pasalnya hal tersebut juga dialami oleh sejumlah negara.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja ekspor dalam negeri hingga Juli 2015 mengalami penurunan. Salah satu faktornya yakni karena pelemahan ekonomi global.

"Permintaan ekspor bukan cuma Indonesia, tapi semua negara mengalami pelemahan permintaan terhadap barang dan jasa ekspor," ujar Lembong di Kantornya, Jakarta, Rabu (19/8).

Meski terkena dampak pengaruh ekonomi global, pengusaha muda ini meyakini sejumlah negara yang menjadi tujuan ekspor Indonesia masih bisa diajak bekerjasama dengan baik. Karena itu, ke depan, Lembong yakin ekspor Indonesia akan lebih baik.

"Negara-begar tujuan ekspor kita masih loyal. Meskipun kalau saya lihat neraca perdagangan bulan ini juga periode tujuh bulan sejauh ini yang mencolok adalah neraca dagang. Kita lebih tertolong dari collaps-nya impor belum dari kinerja ekspor yang membaik," kata dia. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Thomas Lembong menilai penurunan ekspor di Indonesia sepanjang semester I 2015 merupakan hal yang wajar. Pasalnya hal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News