Elektabilitas Calon Lebih Menentukan Kemenangan ketimbang Dukungan Parpol

Elektabilitas Calon Lebih Menentukan Kemenangan ketimbang Dukungan Parpol
Direktur Eksekutif IndoBarometer Muhammad Qodari. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif IndoBarometer Muhammad Qodari mengatakan, dukungan partai politik di pilkada tidak menjamin kemenangan calon kepala daerah. Menurut dia, faktor elektabilitas para calon kepala daerah dalam sistem pemilihan langsung lebih menentukan ketimbang dukungan partai politik.

"Sebesar apa pun dukungan partai politik, faktor elektabilitas calon jauh lebih menentukan," kata Qodari di pressroom DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/9).

Ia menambahkan, dukungan partai politik kepada calon kepala daerah belum tentu diikuti kader-kadernya. Sebab, tingkat kepatuhan kader partai politik terhadap elitenya sangat rendah.

Qodari bahkan mengantongi data soal itu. "Dari banyak hasil survei, tingkat kepatuhan kader terhadap partai politik tidak pernah lebih dari 20 persen,” tegasnya.

Namun, katanya, ada partai yang kebijakan elitenya bisa diikuti kader. Yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS). "Partai yang solid dan sudah teruji itu PKS," tegasnya.

Qodari juga menyodorkan tipe partai politik yang memberi dukungan di pilkada. Pertama adalah partai politik yang jika tak ada logistik tidak mau jalan. Kedua, tipe partai yang bekerja bagi calon jika ada logistik.

"Ketiga, tanpa logistik tetap jalan. Secara relatif, itu terindikasi ada di PKS," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Direktur Eksekutif IndoBarometer Muhammad Qodari mengatakan, dukungan partai politik di pilkada tidak menjamin kemenangan calon kepala


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News