Elektabilitas Prabowo dan Anies Kalah dari Ganjar!

Elektabilitas Prabowo dan Anies Kalah dari Ganjar!
Hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) terkait elektabilitas capres. (ANTARA/HO-Survei CPCS)

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) memperlihatkan elektabilitas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan kalah dari Ganjar Pranowo.

Elektabilitas ketua umum DPP Partai Gerindra dan Gubernur DKI Jakarta itu kalah dari gubernur Jawa Tengah, berdasarkan pilihan milenial dan gen z.

Ganjar berada di urutan pertama dengan elektabilitas 17,7 persen.

Disusul Ridwan Kamil (16 persen), kemudian disusul Prabowo Subianto (12,8 persen) dan Anies (7,6 persen).

Di urutan kelima terdapat Ketua Umum DPP partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan mengantongi persentase 7,3 persen.

"Capres yang paling diunggulkan oleh pemilih milenial dan gen Z bukan figur Prabowo yang biasanya paling difavoritkan secara umum, tetapi lebih condong pada Ganjar dan Ridwan Kamil," ujar Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa (15/6).

Menurut Okta, tingginya elektabilitas Prabowo selama ini lebih banyak disumbang oleh pemilih generasi yang lebih tua.

Sementara itu, lanjut dia, perubahan demografi telah terjadi sejak Prabowo pertama kali berlaga pada Pemilu 2009, ketika berpasangan dengan Megawati.

Hasil survei CPCS memperlihatkan elektabilitas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan kalah dari kepala daerah ini, berdasarkan pilihan milenial dan gen z.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News