Elektabilitas Ridwan Kamil Teratas sebagai Cawapres, Sandiaga Uno dan AHY?

Elektabilitas Ridwan Kamil Teratas sebagai Cawapres, Sandiaga Uno dan AHY?
Gubernur Jabar Ridwan Kamil berkomitmen memajukan cabor pencak silat. Foto: Humas Pemprov Jabar

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Ridwan Kamil menempati posisi teratas hasil survei Charta Politika Indonesia untuk posisi calon wakil presiden (cawapres).

Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu dianggap menjadi salah satu tokoh potensial menjadi cawapres di Pilpres 2024.

"Responden menjagokan Ridwan Kamil sebagai cawapres dengan dukungan 21,4 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (22/12).

Posisi kedua tempati Sandiaga Uno (17,6 persen) disusul Agus Harimuti Yudhoyono atau AHY (10,3 persen), Erick Thohir (8,4 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (6,1 persen).

Sementara 13 nama lainnya dalam survei itu hanya mengumpulkan dukungan di bawah 5 persen.

Yunarto menyebut survei Charta Politika dilaksanakan pada 8-16 Desember 2022 melalui wawancara tatap muka secara langsung, dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel sebanyak 1.220 responden yang tersebar di 34 Provinsi. Sampelnya dipilih menggunakan metode acak bertingkat ('multistage random sampling') dengan :margin of error' ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," ujarnya.

Pada survei itu responden diberi pertanyaan yang berbunyi: "Jika pemilihan presiden-wakil presiden diadakan sekarang, siapa yang yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Wakil Presiden di antara nama-nama berikut ini?"

Hasilnya, pada kategori wakil presiden, Ridwan Kamil meraih 21,4 persen dan Sandiaga Uno 17,6 persen. "Ini menjadi pilihan tertinggi responden," ucap Yunanto.

Hasil survei Charta Politika Indonesia menempatkan elektabilitas Ridwan Kamil (Kang Emil) teratas sebagai cawapres, sedangkan Sandiaga Uno dan AHY...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News