Elit Terima Manfaat, Imbasnya ke Masyarakat

APBN Masih Manjakan Elit Saja

Elit Terima Manfaat, Imbasnya ke Masyarakat
Elit Terima Manfaat, Imbasnya ke Masyarakat
JAKARTA - Subsidi di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) masih belum sepenuhnya dinikmati masyarakat kecil. Sebaliknya, justru yang menikmatinya adalah orang kaya.

Direktur Indonesia Budget Center, Arif Nur Alam, menyatakan bahwa alokasi APBN justru masih banyak untuk kegiatan seremonial, kunjungan-kunjungan, pelantikan pejabat dan hal lainnya yang tak membawa imbas langsung kepada masyarakat kecil. "Itu memakan anggaran dan hanya dinikmati para elit saja, tapi tidak diterima masyarakat," kata Arif dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (20/8).

Menurutnya, penerima manfaat dari APBN adalah elit-elit penguasa dan pemerintah. "Tapi dampaknya, masyarakat yang menerima," tambahnya.

Dampak yang harus diterima masyarakat bawah itu seperti adanya ketimpamgan dalam pembangunan di berbagai bidang. Misalnya pembangunan infrastruktur yang seharusnya membutuhkan biaya besar, justru tidak mendapatkan perhatian.

JAKARTA - Subsidi di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) masih belum sepenuhnya dinikmati masyarakat kecil. Sebaliknya, justru yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News