Emas Olimpiade = Rp 2,85 Miliar

Emas Olimpiade = Rp 2,85 Miliar
Emas Olimpiade = Rp 2,85 Miliar
KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia punya perhatian tinggi kepada kepada atletnya yang berprestasi di Olimpiade Beijing 2008. Mereka menjanjikan bonus selangit bagi duta olahraganya yang sanggup merebut medali. Tak tanggung-tanggung, nilai tertinggi diberikan kepada peraih emas nomor perorangan senilai MYR 1 juta atau berkisar Rp 2,85 miliar.

   Menurut Deputi Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, apresiasi tersebut diberikan lantaran atletnya sejak Olimpiade 1964 belum sekalipun mendapat emas dalam multi even empat tahunan itu. Nilai yang dijanjikan itu lebih tinggi dari “rangsangan” menjelang Olimpiade Athena pada empat tahun lalu sebesar MYR 160 ribu (sekitar Rp 450 juta).

   ‘’Untuk memenangkan emas itu tak mudah karena kompetisinya sangat berat. Kami bisa melihat dari satu Olimpiade ke Olimpiade berikutnya. Jelas ada peningkatan standar. Kami terus terang mematok target lebih tinggi dengan meningkatkan insentif yang lebih menarik pula,’’ terang Najib seperti dikutip AFP kemarin (25/6). Dia menegaskan, bagi peraih medali non emas untuk nomor individual tak perlu berkecil hati.

   Penyumbang perak akan dihargai MYR 300.000 (Rp 855 juta) dan bonus yang kebagian perunggu adalah MYR 100 ribu (Rp 285 juta). Sedangkan atlet beregu yang meraup emas maupun perak dan perunggu, masing-masing orang akan menerima MYR 150 ribu (Rp 427 juta), MYR 40 ribu (Rp114 juta) dan MYR 20 ribu (Rp57 juta).

   Selain itu, apresiasi tak kalah menarik juga diberikan kepada atlet penyandang cacat. Antara lain bonus MYR 300 ribu (Rp 855 juta) bagi yang merampas emas, MYR 200 ribu (Rp 570juta) kepada penyumbang perak, dan MYR 100 ribu (Rp 285 juta) untuk peraih perunggu.

   Najib menambahkan, pihaknya juga menaikkan tunjangan hidup kepada lima pensiunan atlet bulu tangkis yang menyumbangkan medali Olimpiade. Mereka adalah penyumbang perak ganda pria Olimpiade 1996 Atlanta Cheah Soon Kit dan Yap Kim Hock dan Rashid Sidek yang kebagian perunggu. Kemudian, Razif Sidek dan Jalani Sidek selaku penyumbang perunggu di Olimpiade 1992 Barcelona. (sep/roq)

KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia punya perhatian tinggi kepada kepada atletnya yang berprestasi di Olimpiade Beijing 2008. Mereka menjanjikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News