Basket Berburu 17 Wasit Terbaik

Basket Berburu 17 Wasit Terbaik
Basket Berburu 17 Wasit Terbaik
JAKARTA – Perhelatan PON XVII di Kalimantan Timur (Kaltim) mulai dibuka pada 5 Juli mendatang. Namun, cabang olahraga (cabor) bola basket sudah dimulai lebih awal, yakni 1 Juli. Karena itu, PB Perbasi sudah ancang-ancang menyukseskan multieven paling akbar di tanah air itu.

      Selain sudah membereskan kebutuhan venue di GOR Sempaja, Perbasi juga serius untuk menyiapkan perangkat pertandingan. Nah, perhatian utama yang dilakukan perbasi adalah melakukan seleksi terhadap wasit yang ada di seluruh Indonesia untuk memimpin pertandingan-pertandingan di PON.

    Proses seleksi tersebut akan berjalan selama tiga hari yang dimulai besok (27/6) hingga 29 Juni mendatang di Kaltim. Hal itu disampaikan Julisa Moertoetyana Horongbala, ketua III PB Perbasi, saat ditemui di kantor PB Perbasi, kemarin (25/6). Dia menjelaskan bahwa dengan melakukan seleksi bakal terpilih perangkat pertandingan yang berkualitas.

      ”Kami akan memilih 17 wasit yang benar-benar berkualitas. Harus lolos seluruh aspek yang ditetapkan,” kata Lisa-panggilan Julisa Moertoetyana Horongbala.

      Dia menambahkan bahwa persyaratan yang ditetapkan bersifat menyeluruh, mulai dari intelektual hingga sektor fisik. Seperti di bagian fisik, ada keharusan mampu menjalani test lari bolak-balik dalam jumlah tertentu. Fisik menjadi penopang utama untuk bisa tetap cermat memimpin pertandingan.

      ”Dari jumlah 17 wasit itu, 14 orang kami pilih dari daerah yang ikut turun di PON. Sedangkan 3 wasit, kami pilih dari daerah netral yang tidak memiliki wakil,” terang istri pelatih Garuda Bandung, Rastafari Horongbala, itu.

      Masing-masing daerah sudah diberi surat untuk mengirimkan maksimal dua orang untuk menjalani seleksi. Program itu tidak gratis. Wasit yang mengikuti seleksi harus membayar biaya pendaftara sebesar Rp 600 ribu dan menanggung tiket penerbangan sendiri.

      ”Kami akan mengganti biaya penerbangan dan mengembalikan uang pendaftaran wasit yang lolos. Itu belum termasuk gaji sebagi bentuk penugasan. Karena tanggal 1 Juli sudah dimulai. Sedangkan yang tidak lolos ya tidak dapat apa-apa,” ungkapnya. (pen/roq)
Berita Selanjutnya:
Senang Kembali Jumpa Rusia

JAKARTA – Perhelatan PON XVII di Kalimantan Timur (Kaltim) mulai dibuka pada 5 Juli mendatang. Namun, cabang olahraga (cabor) bola basket sudah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News