Emil Dardak Minta Perpadi Jatim Lakukan Gebrakan Ini Demi Ketahanan Pangan

Emil Dardak Minta Perpadi Jatim Lakukan Gebrakan Ini Demi Ketahanan Pangan
Wagub Emil saat meninjau proses pengolahan beras di Pabrik penggilingan padi Sumofood, Jombang, Jawa Timur. Foto: Humas Pemprov Jatim

jpnn.com, SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Emil Dardak menyebut provinsi itu memiliki lahan sawah terluas di Indonesia. Hasil panen di tahun 2021 juga lebih tinggi dibanding 2020.

Oleh karena itu, Emil Dardak meminta Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Jatim meningkatkan kualitas dan mutu produksi lokal.

"Peran rekan Perpadi diharapkan bisa membantu menjawab tantangan di hulu, bukan hanya jumlah produksi, tetapi kualitas dan mutu bisa naik juga," kata Emil dalam keterangan tertulis, Senin (18/10).

Dia pun mendorong penggilingan padi kapasitas besar menjalin sinergitas dengan yang kecil. Sehingga, ke depan harga hasil penggilingan bisa meningkatkan daya saing.

"Di-upgrade lagi kualitasnya supaya mendapatkan harga yang lebih bersaing. Jadi, yang besar tidak mematikan yang kecil," ujar dia.

Menurut Emil Dardak, perusahaan penggilingan padi mampu memberikan dampak bagi kesejahteraan petani. Langkah tersebut diharapkan bisa menjaga ketahanan pangan di Jatim.

"Termasuk di masa pandemi Covid-19 saat ini, kami berharap peran Perpadi dengan kreativitas dan inovasinya bisa disinergikan," tutur mantan bupati Trenggalek itu.

Sementara itu, Ketua Perpadi Jatim Hendra Tanuwijaya segera menjalin kemitraan dengan sektor hulu, sebagai antisipasi jatuhnya harga penjualan gabah petani.

Wagub Emil Dardak meminta Perpadi Jatim meningkatkan kualitas dan mutu produksi lokal demi ketahanan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News