Empat Pangkalan TNI AL Serentak Gelar Bakti Sosial SBJ 2016

Empat Pangkalan TNI AL Serentak Gelar Bakti Sosial SBJ 2016
Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Waaspos KSAL) Laksamana Pertama TNI I.G. Putu Wijamahadi menanam anak pohon, Senin (1/8). Penanaman pohon merupakan salah satu kegiatan operasi bakti sosial “Surya Baskara Jaya” (SBJ) 2016 yang dilaksanakan serentak di empat Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) yang berlangsung sejak tanggal 24 Juli sampai 12 Agustus 2016. FOTO: Dispenal

jpnn.com - JAKARTA - TNI Angkatan Laut menggelar operasi bakti sosial “Surya Baskara Jaya” (SBJ) 2016 secara serentak di empat Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) yang dilaksanakan selama 20 hari. Pelaksanaan kegiatan tersebut sudah dimulai sejak tanggal 24 Juli serta akan berakhir pada 12 Agustus 2016.

Keempat Lantamal yang menggelar kegiatan tersebut yaitu Lantamal III Jakarta, Lantamal IV Tanjung Pinang, Lantamal IX Ambon dan Lantamal X Jayapura.

Acara baki sosial tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Waaspos KSAL) Laksamana Pertama TNI I.G. Putu Wijamahadi mewakili KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, Senin (1/8) di wilayah Lantamal III Jakarta tepatnya di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

KSAL dalam amanat tertulisnya, menyampaikan bahwa Surya Bhaskara Jaya merupakan kegiatan operasi Bakti TNI Angkatan Laut. Kegiatan ini melibatkan berbagai instansi pemerintah dan swasta.

"Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dalam rangka percepatan pembangunan daerah melalui peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat daerah pesisir. Peningkatan kondisi tersebut merupakan bagian dari penguatan budaya maritim dalam mendukung pertahanan negara,” ujar Laksamana Ade Supandi.

Seperti dilansir dalam siaran pers Dispenal, Desa Pantai Bahagia dipilih menjadi tempat bakti sosial karena merupakan daerah pesisir yang memiliki fungsi strategis bagi suatu negara meliputi fungsi militer, ekonomi, konstitusi, identitas, kesatuan dan pembangunan.

Oleh karena itu, daerah tersebut menjadi fokus sentral kewilayahan dan pembangunan negara. Pada bagian lain, Ade mengatakan, kegiatan Bakti Sosial Surya Baskara Jaya merupakan wujud kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara terpadu guna membantu program pembangunan pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan serta kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah pesisir dan pulau-pulau terpencil.

Dalam bakti sosial ini telah dilaksanakan penyerahan bahan kontak berupa peralatan olahraga, alat tulis, kelengkapan sekolah dan perlengkapan ibadah kepada sekolah dan karang taruna setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News