Enam Departemen Sudah Faham Keuangan

Dulu Disclaimer, Kini Jadi Baik

Enam Departemen Sudah Faham Keuangan
Enam Departemen Sudah Faham Keuangan
 JAKARTA—Enam departemen mengalami kemajuan pesat dalam pelaporan keuangannya. Yang sebelumnya mendapatkan opini disclaimer atau tidak memberikan pendapat (TMP) dari BPK, kini naik menjadi wajar dengan pengecualian (WDP). Keenam institusi itu adalah Departemen Keuangan (Depkeu), Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Departemen Kesehatan (Depkes), Departemen Pertahanan (Dephan), Departemen Pertanian (Deptan), dan Departemen Perdagangan (Depdag). 

“Ini sangat menggembirakan karena telah ada perbaikan opini pemeriksaan atas laporan keuangan kementerian/lembaga negara yang besar. Tadinya opini BPK terhadap enam departemen tersebut adalah disclaimer,” tukasnya. Ditambahkannya, jumlah kementerian negara yang memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK telah meningkat dengan pesat. Dari 7 pada 2006 menjadi 16 di 2007, dan 34 pada 2008.

Di sisi lain beberapa lembaga yang tidak menunjukkan perubahan opini atau tetap TMP adalah Departemen Agama, Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, Departemen Dalam Negeri, Departemen Hukum dan HAM, Departemen Kehutanan, Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen PU, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Lingkungan Hidup, BPS, Kepolisian RI, KPU, Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (esy/jpnn)

 JAKARTA—Enam departemen mengalami kemajuan pesat dalam pelaporan keuangannya. Yang sebelumnya mendapatkan opini disclaimer atau tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News